Truk Tangki Air Isi Ulang

Truk Tangki Air Isi Ulang

Pihak yang berjasa menyalukan air baku ke depot air isi ulang adalah truk tangki air isi ulang. Truk tangki sebenarnya bisa berfungsi menyalurkan air ke beberapa kepentingan seperti air untuk kolam, air untuk pabrik, air untuk hotel. Tentunya, truk tangki berkepentingan menyalurkan air untuk minum, dalam hal ini air baku untuk depot air isi ulang.

 

Truk tangki untuk air minum yakni air baku yang dikirim ke depot-depot, memang perlu dibedakan kualitas truk tangkinya. Truk tangki untuk depot air harus lebih diperhatikan. Alasannya, air yang dibawa dibutuhkan untuk air minum, walaupun sebenarnya ada proses filterisasi.

 

Truk Tangki untuk Bisnis Air Baku Depot Air Isi Ulang

 

Yang lebih membutuhkan truk tangki air isi ulang adalah suplier air tangki. Mereka bisnis air bersih atau disebut air baku untuk kebutuhan air minum, yang salah satunya untuk dikirim di depot-depot air isi ulang.

 

Semakin banyak pemesan, kebutuhan truk tangki air isi ulang harus semakin banyak. Karena, pemesanan air sendiri bisa menjangkau lintas kota.

 

Sebagai contoh suplier air bersih yang ada di Bogor yaitu Putra Tirta. Stok airnya diambil dari gunung salak. Suplier ini mengandalkan truk tangki air untuk mengirim air tangki ke bebreapa daerah seperti Jabodetabek, Purwakarta, Karawang, Subang.

 

Sebagai suplier air bersih yang berasal dari pegunungan gunung Salak, Putra Tirta memenuhi air bukan untuk depot air isi ulang saja. Berikut beberapa pelayanan kebutuhan airnya:

 

  • Kolam renang
  • Hotel
  • Industri
  • Mall
  • Rumah sakit
  • Apartemen
  • Restoran
  • Dan lainnya

 

Tentunya, pengiriman air menggunakan truk tidak selalu sejalur. Kalaupun sejalur, stok air tidak bisa untuk beberapa depot walaupun bergantung ukurannya. Butuh banyak truk tangki air isi ulang agar bisa berjalan secara bersamaan menuju pemesan air baku.

 

Memperhatikan Kualitas Air di dalam Truk Tangki Air Isi Ulang

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tangki yang ada di truk untuk kebutuhan depot airminum yang berkualitas.

 

  1. Truk tangki dilapisi stainless stell

 

Truk tangki depot air minum seharusnya menggunakan tangki stainless stell walaupun sebenarnya bisa diatasi dengan filterisasi. Tetapi, barangkali, ada pemilik depot air minum yang tidak mematuhi aturan filterisasi sehingga karat yang ada di tangki bercampur ke dalam air yang akan diminum.

 

Kalau tangki sudah dilapisi stainless, aman dari beberapa masalah seperti lumut, karat dan lainnya. Sehingga, pembersihannya ketika terisi dengan air jernih.

 

  1. Melakukan penggantian selang air

 

Pembersihan selang tangki air memang sulit karena bentuknya panjang namun sempit lubangnya. Apalagi, selang tangki yang digunakan hanya untuk menyedot air sehingga statusnya masih bersih. Apalagi pembersihan selang justru dengan air itu sendiri.

 

Inti utama yang perlu diperhatikan pada selang tangki air adalah penggantian selang. Bisa saja, selang sudah berlumut kalau sudah berumur lama. Kalau selang sudah berlumut, berjamur, justru akan terbawa ke dalam air yang digunakan untuk air minum.

 

Memperhatikan Kualitas Truk Tangki Air 

 

Truk tangki air tentunya memuat air bisa sekitar 5000 liter air. Setiap hari mengangkut air sebanyak itu. Tentunya, lambat laun kondisi truk tangki  menurun kualitasnya seperti rem blong, mogok dan lainnya.

 

Fokus perawatan yakni pada mesin diesel. Biasanya, mesin diesel digunakan truk, terutama truk tangki air.

 

Perlu perawatan pada mesin diesel truk tangki agar ketangguhannya tetap terjaga dalam waktu lama. Mesin disesel memang berbeda dengan mobil bensin dalam hal cara perawatanya.

 

Beberapa perawatan yang harus dilakukan pada mesin mobil diesel agar tidak cepat rusak:

 

  1. Pemanasan terlebih dahulu sebelum digunakan
  2. Pemakaian solar, filter dan tangki solar harus diperhatikan
  3. Water sdimenter dan busi pijar harus mengalami perawatan
  4. Filter udara harus selalu rajin dibersihkan
  5. Jangan langsung mematikan pada mesin diesel yang sedang berjalan.
  6. Penggantian oli secara rutin sesuai jadwal
  7. Lakukan perbaikan
  8. Lakukan dengan rutin pembersihan mesin diesel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *